Selasa, 04 September 2012

LUAS WILAYAH INDONESIA


LUAS WILAYAH INDONESIA

Berdasar kenampakannya, ternyata wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan. Jumlah pulau di Indonesia, baik yang besar maupun yang kecil-kecil, mencapai 17.508 buah. Karena terdiri dari banyak pulau, Indonesia disebut “ Archipelago State” berdasarkan hasil konvensi hukum laut internasional “United Nation Convention on the Law of the Sea” (UNCLOS) pada tanggal 10 Desember 1982 di Montego Bay, Yamaica. : Berdasarkan konvensi tersebut Indonesia memiliki dua batas laut, yaitu:

1. BATAS LAUT TERITORIAL

Luas wilayah laut Indonesia mencapai 3.257.357 km², dengan batas wilayah laut/teritorial dari garis dasar kontinen sejauh 12 mil diukur dari garis dasar. Garis dasar ditarik dari titik-titik paling luar sebuah pulau, kemudian titiktitik tadi dihubungkan sehingga menjadi sebuah garis yang bersambungan.

Dengan demikian untuk menentukan batas laut teritorial, pertama-tama ditarik jarak 12 mil kearah laut bebas. Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas laut teritorial ini. Kapal- kapal asing yang lewat laut teritorial ini harus minta izin Indonesia. Namun demi perdamaian dunia, Indonesia harus menyediakan jalur pelayaran untuk lalu lintas damai. Indonesia meratifi kasi UNCLOS 1982 tersebut melalui Undang-Undang Nomor 17, tanggal 31 Desember 1985.
Sejak 16 Nopember 1994 diratifi kasi menjadi hukum positif. Sebagai konsekuensinya Indonesia harus membuka tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang memotong wilayah perairan dalam Negara Kepulauan Indonesia yaitu ALKI-I, ALKI-II, dan ALKI – III. (Peta No I.4) Dalam keadaan normal ALKI digunakan pada jarak 25 mil kanan – kiri. Sebagai bentuk konkret ratifi kasi itu, Indonesia telah mengeluarkan tiga peraturan pemerintah yaitu PP Nomor 36, 37, dan 38 tahun 2003

2. ZONA EKONOMI EKSKLUSIF

Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) diukur dari garis dasar sejauh 200 mil. Batas wilayah teritorial 12 mil merupakan batas hukum kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia. Sedang garis batas 200 mil adalah batas hak untuk mengekploitasi sumberdaya alam yang terdapat di dalamnya. Indonesia memiliki luas daratannya mencapai 1.919.443 km², luas laut 3.257.357 km². Jumlah wilayah lautan dan daratan adalah 5.176.800 km². Pulau-pulau besar di Indonesia meliputi Pulau Kalimantan, luasnya ± 4 x Pulau Jawa, Pulau Sumatera luasnya ± 3,5 x Pulau Jawa, Papua luasnya ± 3 x Pulau Jawa, dan Pulau Sulawesi luasnya ± 1,5 x Pulau Jawa.
Diterbitkan di: 03 Februari2012   


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2257902-luas-wilayah-indonesia/#ixzz25VBN5Y7Q

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

setiap makluk pasti akan mati

setiap makluk pasti akan mati
jangn sombong menjadi makhluk pasti engkau akan mati juga

Sponsored

Favorit Saya

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Google+ Badge

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts